Kendaraan Dinas

Kepala Dinas Pendidikan Kab. Ketapang ( Drs.H.Jahilin/Tengah ) memberikan pengarahan kepala para calon pemegang kendaraan dinas ( Korwilcam/Pengawas Sekolah ) di R. Rapat Dinas Pendidikan beberapa waktu yang lalu

Dalam rangka penataan Asset/Barang-Barang Milik Daerah yang berada di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Ketapang, sejak beberapa bulan yang lalu, Kepala Dinas Pendidikan melalui Kasubbag Umum dan Kepegawaian ( Pejabat Penata Usaha Barang ) telah melakukan sosialisasi serta penataan kembali terhadap asset Pemerintah Kabupaten Ketapang yang di dalam pencatatannya berada pada Neraca Laporan Keuangan berupa Asset OPD Dinas Pendidikan. Adapun asset yang berada di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Ketapang sebaran dan ragam serta bentuknya sangatlah banyak dengan lokasi asset yang juga menyebar hampir di seluruh Kecamatan dan Desa desa ( terutama pada aset Sekolah SD/SMP, dll ). Sehubungan dengan keadaan tersebut di atas maka sangat diperlukan petugas khusus yang menangani masalah pengelolaan/pendataan asset tersebut yang secara terus menerus harus melakukan update / pemutahiran data terhadap kondisi maupun keberadaan asset tersebut baik terhadap jumlah maupun kualitas asset tersebut agar mendapatkan data yang akurat dan sesuai dengan fakta di lapangan.

Photo: Perserta Rapat Pengarahan dalam Rangka Penyerahan Kendaraan Dinas

Dalam kesempatan tersebut Kasubbag Umum dan Kepegawaian juga melaporkan bahwa telah dilakukan penarikan asset khususnya kendaraan dinas roda 2 ( dua ) yang dikuasai oleh Oknum PNS yang sudah memasuki masa pensiun yang seharusnya kendaraan dinas tersebut ( asset ) semestinya harus diserahkan kepada Pemegang Barang Pengguna ( Kepala Dinas ) sebelum masa pensiun untuk kemudian disalurkan kembali kepada Pegawai Negeri Sipil yang lain yang membutuhkan untuk operasional kedinasan di wilayah masing-masing. Termasuk juga para Pegawai Negeri Sipil pemegang kendaraan dinas di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Ketapang yang mengalami mutas/pindah ke Instansi lain juga dilakukan penarikan terhadap kendaraan dinas maupun asset lainnya yang dipegang PNS tsb.

Dalam kesempatan tersebut diserahkan sebanyak 19 ( sembilan belas ) buah asset kendaraan dinas yang masih layak pakai ( ex. PNS Pensiun/Mutasi ) kepada para Korwilcam ( Pengawas Sekolah ) dan Pejabat Struktural serta PNS lainnya di Lingkungan Dinas Pendidikan untuk dipergunakan sebagai kendaraan operasional penunjang tugas tugas kedinasan. Diharapkan di masa masa yang akan datang tidak ada lagi kendala dalam pelaksanaan tugas di lapangan bagi pegawai tersebut dan dapat meningkatkan kinerja serta disiplin dalam pelayanan kepada masyarakat. Secara khusus Kepala Dinas Pendidikan Ketapang ( Drs. H. Jahilin ) menyampaikan kepada para pemegang kendaraan dinas tersebut agar merawat dan memelihara kendaraan dinas masing masing yang di dalam penguasaanya serta tidak memindahtangankan kepada pihak lain tanpa seizin Dinas terkait, tidak merubah bentuk atau memperjualbelikan asset tersebut karena jika terjadi penyalahgunaan atau kerugian negara/daerah di dalam pengelolaan asset maupun kendaraan dinas tersebut dapat dilakukan tindakan hukuman atau Tindakan Perbendaharaan Tindakan Ganti Rugi ( TPTGR ) sebagaimana diatur di dalam PP 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS maupun peraturan lainnya yang berlaku sesuai ketentuan. Untuk informasi tambahan bahwa sejak beberapa tahun terakhir, berdasarkan ketentuan yang berlaku bahwa Pemerintah Kabupaten Ketapang tidak lagi melakukan jual beli kendaraan dinas dengan sistim Dum ( jual beli ke pemegang ), melainkan melalui mekanisme lelang melalui Kantor Lelang Negara Pontianak secara online dan terbuka sehingga dapat memberikan kesempatan kepada banyak ihak untuk mengikuti kegiatan pelelangan tersebut.( Admin/Rush )

Photo : Ilustrasi Kendaraan Dinas Roda 2 ( dua )